Achdiat Karta Mihardja

Lahir di Garut, Jawa Barat, tanggal 6 maret 1911. Ia seorang sastrawan dan penerjemah.Berpendidikan AMS-A di Surakarta, kemudian melanjutkan di Fakultas Sastra dan Filsafat Universitas Indonesia, Jakarta (1945-1950).

Ia pernah bekerja sebagai guru di Taman Siswa, namun kemudian bekerja dibidang yang disukainya, yakni sbagai redaktur sastra di Balai Pustaka.Sempat pula menjadi kepala Jawatan Kebudayaan Perwakilan Jakarta Raya, lalu dosen akultas Sastra Universitas Indonesia (1959-1961). Tahun berikutnya, ia pindah ke Australia dan mengajar kesusasteraan Indonesia di Universitas Nasional Canberra.

Disamping ia pernah menjadi redaktur di Balai Pustaka, ia pernah menjadi redaktur diharian Bintang Timur, majalah Gelombang zaman (garut), Spektra, Pujangga Baru, Konfrontasi dan Indonesia,  semuanya di Jakarta. Pernah juga menjadi ketua PEN Club Indonesia.

Novelnya Atheis (pernah difilmkan oleh alm. Sjumanjaya) terbitan 1949 memperoleh hadiah tahunan dari pemerintah RI tahun 1969. Sedangkan kumpulan cerita pendeknya, Keretakan dan Ketegangan mendapat Hadiah Sastra Nasional BMKN Tahun 1957. Pada tahun 1970 ia mendapat anugerah Seni dari pemerintah RI.

Beberapa buah karyanya antara lain, Bentrokan dalam asmara -1952, Kesan dan Kenangan -1960, Debu Cinta Bertebaran -1973, Belitan Nasib -1975, Pembunuh dan anjing Hitam dan mengeditori Polemik Kebudayaan -1948. Ia pernah menerjemahkan religi Susila karangan MK Gandhi ke dalam bahasa Indonesia (1950).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s