ABDUL MUIS ( 1983-1959 )

Lahir tanggal 3 juli 1883 disungai Puar, Sumatera Barat. Beliau sempat bersekolah kedokteran  Belanda Stovia di Batavia (Jakarta sekarang) namun keluar sebelum tamat. Lalu bekerja sebagai pegawai dalam Departemen Pendidikan dan Kebudayaan saat itu.

Tetapi karena hatinya sering gundah kemudian ia bekerja pada sebuah surat kabar Preanger bode, mula-mula sebagai korektor. Ditahun (1914) ia sudah menduduki kursi redaktur pada surat kabar Kaum Muda. Lebih dari itu ia menjadi anggota Partai Syarekat Islam, dan duduk dalam Volkraad (Perwakilan Rakyat) yang memperjuangkan dihapusnya kerja rodi dan meringankan pajak atas rakyat.

Pada tahun 1922 saat terjadi pemogokan buruh pegadaian di Yogyakarta beliau dan beberapa rekannya ditangkap karena diduga berada dibelakang aksi tersebut.Bahkan empat tahun berikutnya ia sempat dibuang Belanda di Garut.

Sempat pula mendekam dalam penjara selama 13 tahun karena tulisannya dalam surat kabar Mimbar Rakyat yang dinilai terlalu menyerang pemerintah Belanda, sehingga surat kabar itupun dilarang terbit. Barulah tahun 1939 beliau dibebaskan.

Selain menulis di surat-surat kabar, ia menulis juga untuk Pujangga Baru. Ia banyak menulis, salah satu karyanya yang terkenal Salah Asuhan, elah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa dan telah beberapa kali mengalami cetak ulang.

Sekitar 13 buah bukunya telah diterbitkan antara lain, Sabai Nun Aluih, Salah Asuhan, Pertemuan jodoh dan Robert anak Surapati. Sedangkan buku terjemahannya Tom Sawyer.

Perjalanan cinta beliau cukup berliku, pada pernikahan keempatnya beliau baru mendapatkan cinta sejatinya, dan akhirna pada 17 Juni 1959 ia meninggal dunia di Bandung. Karena jasa-jasanya beliau dianugerahkan penghargaan Bintang Mahaputra kelas III oleh pemerintah.

SUMBER ; http://www.duniasastra.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s