Special EFX, berkibar dengan warna Fusion

Special EFX, Berkibar dengan Warna Fusion

5ea2eb6709a0b1e133aa0110lMasih ingat dengan kelompok Special EFX, yang pernah berkibar bersama label GRP di era 80-an? Special EFX mengkombinasikan musik Latin dan Afrika dengan sentuhan ringan MOR jazz. Inilah salah satu grup fusion yang cukup disegani di masanya, dan merilis banyak album dibawah naungan GRP Record.

Special EFX dibentuk di New York pada tahun 1992, dan merupakan duet antara gitaris Chieli Minucci dan drummer kelahiran Hungaria, George Jinda. Grup ini merilis album perdana mereka, Modern Manners, pada tahun 1985. Special EFX dalam perjalanan karirnya kerap merekrut musisi lain untuk membantu mereka menciptakan warna musiknya. Di antaranya Dave Grusin, Omar Hakim dan McCoy Tyner.

Setelah dikenal dengan warna musik jazz-pop yang mudah dicerna, duo ini mengukuhkan identitas mereka dengan merilis album Just Like Magic (1990). Album ini menyajikan lebih banyak sentuhan akustik dan mengganti peralatan perkusi eletrik Jinda, dengan apa yang disebutnya dengan “dunia musik kayu”.

Setelah album Body Language (1995), Minucci dan Jinda berpisah. Namun Jinda tetap melanjutkan karya dengan tetap mengusung nama Special EFX. Awal tahun 1997, Jinda terserang stroke dan sempat terbaing dalam keadaan koma. Setelah menderita sakit selama beberapa tahun, Jinda meninggal dunia pada 11 Januari 2001 di New York. Selanjutnya, Minucci yang melanjutkan nama Special EFX dan merilis album Masterpiece bersama saksofonis, David Mann. (ymn/ervan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s