Dave Valentin, bernyanyi dengan Flute

Dave Valentin, Bernyanyi dengan Flute

517w7mjkql_sl500_aa240_Dave Valentin, lahir dari kedua orang tua keturunan Puerto Rico tahun 1952 di New York. Kecintaannya terhadap musik sudah terlihat sejak usia belia. Memainkan konga dan bongo sejak berusia 10 tahun. Bakatnya ini kemudian mengantarnya menimba ilmu di sekolah musik bergengsi, High School of Music and Art, New York. Di sekolah inilah Dave semakin mendalami alat musik perkusi.

Dave mulai beralih ke flute dan menggenapi ilmu musiknya dengan belajar secara privat dari master flute, Hubert Lewis. Pengaruh awal terhadap perkembangan permainan flute Dave, antara lain datang dari musisi Latin seperti Richard Egues, James Moody, Frank Wess dan tentu saja sang guru Hubert Lewis.

Dave bermain musik secara professional di sejumlah band Latin, dan mulai mengembangkan teknik unik yang menghasilkan efek tiupan flute, layaknya suara perkusi. Keunikan lainnya adalah: tiupan flute-nya seolah bernyanyi, dan menggunakan instrumen flute yang tak lazim, seperti bass flute dan berbagai jenis flute yang biasa digunakan di Kolumbia. Dave kemudian menerapkan tekniknya ini ke dalam berbagai genre musik mulai jazz, R&B hingga salsa.

Memahami bahwa pasar musik Latin tidak terlalu bagus saat itu, Dave memulai karir profesionalnya melalui jalan lain. Dia mencoba peruntungannya di Asia, Australia dan Eropa, serta Amerika Serikat, dengan mengandalkan kemampuan bermusiknya yang sangat unik itu.

Album perdananya dirilis pada tahun 1977 bersama Ricardo Marrero, dan juga tampil dalam rekaman Noel Pointer. Dia adalah musisi pertama yang dikontrak GRP. Bersama GRP, Dave menghasilkan 16 album dan menjadi musisi Latin jazz yang sangat disegani. Salah satu albumnya yang cukup menarik adalah Two Amigos (1990), hasil kolaborasinya dengan Herbie Mann.

Setelah dengan GRP, Dave juga merilis album Primitive Passions (1996) dengan RMM Records. Disusul album Sunshower (1999), dan beberapa album Latin jazz yang lebih lembut seperti Reunion, yang menunjukkan betapa besar pengaruh Hubert Lewis. Dave juga seorang penulis lagu dan bandleader yang handal. Menjadi nominator Grammy tahun 1985, dan pernah terpilih menjadi pemain flute terbaik versi majalah Jazziz selama tujuh tahun berturut-turut. Sejak pertengahan 2000-an, Dave menandatangani kontrak dengan HighNote Records, dan merilis World on A String (2005) dan Come Fly With Me (2006).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s